Beranda > Komputer > Konsep Kinerja Baterry Laptop

Konsep Kinerja Baterry Laptop

kebanyakan Laptop menggunakan battery jenis Li-Ion / Lithium Ion / LIB


Charging & Discharging (Pengisian & pengosongan)
Selama pengosongan, lithium ion Li + membawa arus dari negatif ke elektroda positif, melalui elektrolit dan pemisah diafragma.
Selama pengisian, sumber daya eksternal listrik (sirkuit charging) menerapkan tegangan tinggi (tapi dari polaritas yang sama) yang dihasilkan oleh baterai, memaksa current terjadi pada arah sebaliknya.
Atau dengan kata lain, type battery ini bisa tidak membutuhkan battery current limit sewaktu proses charging.

Proses charging yg terus menerus akan meningkatkan temprature battere yg berakibat menurunnya daya tahan dan masa kemampuan battery..
Charge Discharge (CdC) memang mempengaruhi cycle count dan backup timer .itu hal yg wajar,karena setiap recharging battery pasti ada penyusutan ketahanan..tetapi menurunnya daya tahan dan masa kemampuan battery akibat tingginya temprature battery justru tidak ada penghitungannya..tau tau battre langsung drop saja…

Beberapa permasalahan yg terkait batere laptop

  1. Saya baru pakai laptop saya 3 bulan/1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai :
    Baterai dipakai bukan berdasarkan WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE (pasang-cabut cas), setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. sebagai sample aja brooo….(seumpama) sebuah batrai dengan kemampuan 300 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 30 cycle, kurang lebih baterai dalam 10 hari akan drop.
  2. Baterai saya charge kok tidak penuh2 hanya sampai xx% :
    Kenapa tidak penuh2, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/sama dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).
  3. Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal :
    Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis yang cukup cerdas dan pinter.

Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
Mungkin ada benernya (untuk beberapa merk tertentu) tapi jangan senang dulu…..let’s see…didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, dengan kata lain cell baterai yg ada didalam terpasang atau tidak dia akan terus bekerja nah jangan sampai dia kehabisan current atau amper (karena tidak dicas).alias bunuh diri………

perlu kita ketahui sebelumnya bahwa batrai laptop ter diri dari 2 bagian pokok secara global :

  1. Board Controller

 

  1. Cell Batarei

 

namun kalau secara detail, kurang lebihnya seperti ini :

 

perlu di ingat bahwa dari ke 6 bagian diatas semuanya berpotensi RUSAK, hanya 1 yg berpotensi rusak secara FIRMWARE yaitu pada bagian F.
Nah…..untuk menjawab ke 4 point kerusakan baterai diatas ?, sebelumnya saya mau tanya agan2 semua, apa yg agan2 lakukan jika printer
agan error WASTE TANK FULL? (kalau didunia baterai laptop istilahnya CYCLE COUNT) jawabanya pasti SOFTWARE RESETTER. begitu juga baterai laptop .

tidak seperti mereset printer, untuk mereset baterai agan2 membutuhkan sebuah interface yang menghubungkan antara baterai dan komputer
yg masih mempunyai port LPT1 (barang jadul yg tetep sakti), interfacenya agan2 bisa buat sendiri, tapi untuk yg buta elektro bisa minta bikinin temen yg kebetulan melek elektro ato ke tukang service radio 4 band

 

 

 

 
ok jika udah selesai, agan tinggal hubungkan baterai dengan komputernya melalui inetrface yg undah kita bikin….????????
next agan2 membutuhkan software kan? pasti itu……
ok…… dari sekian banyak software untuk proyek ini saya cuma merekom 3 yg pernah saya coba

1. be2work
2. SBWorkshop 3.71
3. ACCPlus

selanjutnya jika agan2 sudah akrab dengan pekerjaan ini, para agan akan bisa membaca data dari dalam baterai lepi, kurang lebih seperti ini datanya :

DesignCapacity: 32767 mAh
FullChargeCapacity: 32767 mAh
CycleCount: 32767
Date: 2043.15.31 ymd
DesignVoltage: 32767 mV
ManufactureName: Read ERROR
DeviceName: Read ERROR
SerialNumber: 32767
ChargingCurrent: 32767 mA
ChargingVoltage: 32767 mV
DeviceChemistry: Read ERROR
Temperature: 30,5 C
Voltage: 32767 mV
Current: 32767 mA
RelativeSOC: 32767 percents
AbsoluteSOC: 32767 percents
RemainingCapacity: 32767 mAh

tapi dari semua diatas tidak menutup kemungkinan untuk merepair baterai secara hardware, contoh : ganti cell yang soak, ganti fuse yang putus dll…..

  1. 18 September 2013 pukul 10:20

    This iss my first tim go tto see at here and i aam iin fact impressed to read all at
    alone place.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: